Kedirionline.comPaling Tahu Informasi | News

Friday, 18 - April - 2014 | Selamat Datang | Find us on :

MK Tolak Gugatan Pilkada Kota Malang

Kamis , 27 Juni 2013 Views : 70 kali

pilkada

JAKARTA, Kedirionline.com - Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan gugatan pasangan Calon Wali Kota (Cawalkot) Malang Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo, dan Mujais. “Menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima,” kata Ketua Majelis Hakim Akil Mochtar, Kamis (27/6/2013).

MK menolak perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Calwalkot Malang dikarenakan permohonan yang diajukan pasangan Sri-Priyatmoko telah melewati batas waktu yang sudah ditetapkan untuk mengajukan keberatan.

Sedangkan, permohonan yang diajukan Achmad Tarmizi, Ketua Tim Mujais-Yunar Mulya (Raja) dan Ketua Hikmah Gerakan Pelangi Pemberdayaan (GPP), Rohkmad, tidak memiliki legal standing dalam mengajukan keberatannya terkait hasil perhitungan suara dalam Pilwalkot Malang.

“Sengketa pilkada hanya bisa diajukan oleh pasangan calon, sedangkan disini pemohon II dan III bukanlah pasangan calon,” kata Hakim Anggota, Hamdan Zoelva.

Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Robikin Emhas menyatakan, pihaknya sudah yakin eksepsi yang diajukan oleh kliennya akan diterima oleh MK.

Menurutnya, gugatan Cawalkot Mujais memang sudah tidak memenuhi syarat dalam pengajuan PHPU di MK. “Ya memang sejak awal kami yakini MK akan menerima eksepsi kami,” ujarnya.

Adanya putusan ini pun, membuat KPU Kota Malang akan melanjutkan tahapan Pilkada dengan mengajukan pemenang pasangan Mochamad Anton-Sutiaji setelah memperoleh 179.675 suara sah (47,3 persen), ke anggota dewan.

Untuk diketahui, gugatan PHPU Kota Malang diajukan oleh pasangan Achmad Mujais-Yunar Mulyana yang memperoleh 9.518 suara atau 2,5 persen dan pasangan Sri Rahayu-Priyatmoko Oetomo yang memperoleh 84. 477 suara sah atau 22,3 persen. Mereka pun menuding KPU kota Malang tidak menetapkan kebenaran hasil pilkada.

Pilkada Kota Malang sendiri dimenangkan oleh pasangan Mochamad Anton-Sutiaji dengan memperoleh 179.675 suara atau 47,3 persen. (SOkz)