Kader Lompat Partai Karena Iming-iming Uang, Bakal Suburkan Praktik Transaksional

kedirionline.com – Manuver sejumlah kader PAN yang berganti ke partai lain saat pendaftaran caleg, dinilai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai bagian dari resiko politik tarung bebas.

“Itu risiko tarung bebas. Kalau pancasila itu musyawarah perwakilan, ini tarung bebas. Ini lebih liberal dari asalnya sana. Ini risikonya. tentu nanti buahnya kalau tidak ditata, tidak diatur, betapapun kerasnya KPK, akhirnya ya tetap akan semakin banyak yang kena OTT,” kata dia

Menurut Zulkifli, banyak kader PAN yang berganti partai lantaran diiming-imingi uang.

Karenanya ia mempersoalkan jika manuver politik diukur dengan uang. Hal itu akan berdampak pada politik ke depan

“Kalau semua diukur pakai uang, kalau Pilbup uang, Pilgub uang, pilihan DPR uang, pilihan apa-apa uang semua uang ya saya kira kehancuran akan datang. Pasti korupsi merajalela, tidak mungkin akan berdaulat,” ujarnya.

Meski begitu, Ketua MPR itu enggan mempersoalkan partai yang bermanuver mengambil caleg yang sudah mempunyai suara dari partai lain. Zulhas menyebut, itu bagian dari risiko politik tarung bebas.

“Itu risiko tarung bebas. Kalau pancasila itu musyawarah perwakilan, ini tarung bebas. Ini lebih liberal dari asalnya sana. Ini risikonya. tentu nanti buahnya kalau tidak ditata, tidak diatur, betapapun kerasnya KPK, akhirnya ya tetap akan semakin banyak yang kena OTT,” kata Zulhasan.

Pengamat politik dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Muchammad Yuliyanto menilai, manuver lompatnya kader partai politik (parpol) ke parpol lain dengan motivasi keuntungan adalah tidak etis dan tidak sehat untuk demokrasi, sebab hal ini hanya akan menyuburkan praktik politik transaksional.

“Akibatnya, terjadi politik transaksional yang ditandai dengan aksi saling ambil untung antara pemilih dan politisi calon anggota legislatif. Kondisi ini menyebabkan cost politik yang tinggi dan pada akhirnya bisa memantik terjadinya skandal mega korupsi,” tandasnya. //cw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *