Apresiasi Ketua MPR untuk Pencetus Inovasi Kampung Inggris Pare

Kedirionline.com – Saat mengungjungi Kediri beberapa waktu lalu, Ketua MPR, Zulkifli Hasan memanfaatkannya untuk mampir ke Kampung Inggris di Pare, Kabupaten Kediri.

Di Kampung Inggris, Zulhasan disambut langsung perintis Kampung Inggris Pare, Muhammad Kalend Osen. Pria sepuh yang akrab disapa Mr Kalend inilah orang pertama yang mempelopori keberadaan Kampung Inggris yang terletak di Desa Tulungrejo – Pare, Kediri, yang berkembang menjadi salah satu pusat pembelajaran Bahasa Inggris berbasis lingkungan.

Zulhasan menandaskan bahwa bahasa adalah jendela untuk bersaing di era globalisasi dan pasar bebas. Ia percaya, melalui pembelajaran intensif, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) bisa unggul dari tenaga kerja asing.

“Sekarang saatnya dengan menguasai bahasa asing, anak-anak muda Indonesia bersaing dengan tenaga kerja luar negeri. Jadi tuan di negeri sendiri dan berani bersaing di negeri orang,” kata Zulhasan.

Bangsa Indonesia, lanjut Zulhasan, pernah punya sosok Agus Salim yang menguasai lebih dari 10 bahasa. Dia juga mengaku hormat dan mengapresiasi inovasi Kalend. Menurutnya inovasi ini memberi manfaat untuk banyak orang.

“Semoga dari Pare Kediri ini lahir Agus Salim Agus Salim baru yang harumkan nama Indonesia. Saya banyak dengar di media dan media sosial tentang kampung inggris ini. Alhamdulillah sekarang baru kesampaian bisa ke sini langsung. Ini inovasi sederhana tapi hebat,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi Kalend yang mempelopori kursus Bahasa Inggris di Pare menuturkan, pembelajaran bahasa asing tersebut dilakukan sangat intensif. Ini yang jadi kunci keberhasilan Pare dalam urusan pembejaran bahasa tersebut.

“Semua di lingkungan Kampung Inggris sini harus berbahasa Inggris. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi,” kata Kalend.//cw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *