Soal Program 50 Juta/RT-RW untuk Kabupaten Kediri, Mas Bas: Ini Program yang Sangat Realistis

Kedirionline.com – “Kami sudah melakukan konsultasi mendalam dengan pelaksananya di Kota Kediri dan selama tiga tahun bisa melaksanakan program ini dengan baik, bahkan berdasarkan opini BPK dikategorikan Wajar tanpa Pengecualian,” tandas Dr. A Basuki Babussalam dihadapan Forum RT – RW di Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan – Kediri Minggu (13/5) lalu.

Menurut Basuki, semangat dari program 50 juta per RT – RW di Kabupaten Kediri selaras dengan ikhtiar untuk percepatan dan perluasan pembangunan yang berbasis pada keterlibatan masyarakat. “Program ini memberi keleluasaan masyarakat di tingkat RT untuk menentukan sendiri pembangunan fisik dan non fisik dengan plafon biaya Rp 50 juta per tahun,” tandasnya.

Forum RT – RW di beberapa desa di Kabupaten Kediri cukup antusias mendengar paparan soal rencana program 50 juta per RT-RW di Kabupaten Kediri

Selama ini, lanjut Basuki, peran lembaga pemerintah dalam mengejar target percepatan pembangunan infrastruktur masih banyak kekurangan sehingga masih banyak wilayah yang belum maksimal dalam mendapatkan pembangunan infrastruktur. “Ini bisa dibuktikan dari besarnya selisih penggunaan anggaran dalam postur APBN,” kata Basuki.

Untuk itu, ia bertekad akan terus memperjuangkan agar masyarakat di Kabupaten Kediri bisa merasakan dampak positif dari Program Rp. 50 juta per RT-RW.

“Ini bagian dari misi kami apabila diberi kepercayaan untuk mengelola Kabupaten Kediri nantinya. Selaras dengan apa yang menjadi visi Partai Amanat Nasional (PAN, red) untuk mewujudkan kesejahteraan social, melalui kemakmmuran yang berkeadilan. Kami berikhtiar untuk melibatkan seluruh masyarakat dalam proses pembangunan sekaligus menjadi penikmat utama dari hasil pembangunan,” tandas Anggota Fraksi PAN DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Basuki juga menepis anggapan beberapa kalangan yang menganggap program ini sebagai program yang kurang realistis.

“Kami sudah detail berhitung dan mendasarkan penghitungan ini dari postur anggaran daerah di Kabupaten Kediri saat ini. Soal rumus dan kuncinya tentu itu hanya kami yang memahaminya. Jadi program ini sangat realistis dan bukan asal bicara,” tandasnya. //cw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *