Ir. Riski Sadig Gandeng BPOM, Ajak Warga Waspadai Zat Berbahaya

Kedirionline –  “Masih banyaknya penggunaan bahan kimia yang dilarang untuk pangan serta kasus-kasus keracunan pangan (KLB) menunjukkan belum semua pihak memahami dengan baik tentang  keamanan pangan,” tandas Ir. A Riski Sadig, Anggota Komisi IX DPR RI.

Hal itu pula yang mendorong Riski Sadig dengan menggandeng Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melakukan sosialisasi kepada warga di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.

Menurut Riski, selaku konsumen masyarakat perlu memahami tentang pentingnya produk pangan olahan yang memenuhi aspek mutu dan keamanan pangan. Selain itu, perlu adanya penerapan praktik keamanan pangan yang baik di rumah tangga.

“Itu yang menjadi tujuan utama dari kegiatan pemberdayaan ini. Dari sosialisasi semacam ini diharapkan peserta bisa menyebarluaskan pengetahuannya kepada masyarakat yang lebih luas, mengingat petugas dan infrastruktur BPPOM yang juga sangat terbataas,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini obat dan makanan yang mengandung zat berbahaya marak di masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat harus jeli dan teliti sebelum mengkonsumsi.

“Belilah makan makanan yang higienis sebelum dibeli harus diteliti terlebih dahulu,” ujarnya dihadapan ratusan warga.

Dalam kesempatan itu, Ir. Riski Sadig menyampaikan paparan mengenai fungsi DPR dalam pengawasan program pemerintahserta mengajak masyarakat untuk mengonsumsi makanan yang aman dan halal sesuai UU Pangan No. 18/2012.//cw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *