Dr. A Basuki Babussalam: Generasi Milenial Harus Jadi Penggerak Ekonomi Jawa Timur

Kedirionline.com – Jumlah generasi milenial di Jawa Timur mencapai 14.506.800 atau 37,68 persen dari 38,85 juta total jumlah penduduk di Jatim.

Dengan jumlah sebanyak itu, tentu para milenial punya peran penting dalam menggerakkan ekonomi Jawa Timur ke depan. Apalagi, dengan perkembangan dunia digital seperti sekarang ini.

Demikian disampaikan Dr. A Basuki Babussalam SS, MH, anggota Fraksi-PAN DPRD Propinsi Jawa Timur saat menjadi pembicara di hadapan peserta seminar ‘Optimalisasi Generasi Milenial untuk Pembangunan Ekonomi Jawa Timur Berkelanjutan’ yang diselenggarakan di Hall Kampus 2 UN PGRI Kediri, Senin (19/3).

“Generasi milenial adalah potensi besar bagi penggerak ekonomi di Jawa Timur. Tentu saja, tantangannya adalah bagaimana milenial bisa menjadi pemain, bukan hanya penonton. Anda yang memiliki potensi hebat itu, Anda yang melaksanakan ikhtiar jalan hebat itu, Anda-lah yang jadi pelaku ekonomi dan menggerakkan roda perekonomian,” tandas Sekretaris DPW PAN Jawa Timur ini.

Generasi milenial, lanjut Basuki, harus berpartisipasi aktif dalam perekonomian. Sebab, tanpa aktif untuk menjalankan perekonomian melalui rintisan usaha, maka tak akan bisa ambil bagian menjadi pemain dan hanya bisa menerima nasib menjadi penonton saja.

“Perkembangan dunia digital yang demikian hebat, membuat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh milenial. Platform digital bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam perekonomian. Ini benar-benar peluang hebat yang sangat sayang jika dibiarkan lewat begitu saja tanpa dimanfaatkan,” ungkapnya.

Untuk itu, menurut Basuki, pemerintah juga harus mendukung milenial dengan memberikan edukasi-edukasi untuk pengembangan teknologi digital dan menyediakan sarana prasarana dalam rangka pengembangan pengetahuan di bidang digital. Langkah lain ialah memberi dukungan baik dari insentif maupun kebijakan

“Saya yakin dengan kemauan bersama, apa yang menjadi cita-cita mulia untuk membawa kesejahteraan masyarakat melalui teknologi digital dengan peran utama generasi milenial bisa diwujudkan dengan mudah,” papar legislator yang didorong oleh beberapa lapisan masyarakat di Kediri untuk mencalonkan diri menjadi Bupati Kediri pada 2020 mendatang.//cw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *