Dr. Basuki Babussalam Bekali Prinsip Sukses Zaman Now untuk Pemuda

Kedirionline – Di hadapan ratusan anggota Pemuda Muhammadiyah di Kabupaten Kediri yang tengah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (Kokam) di bumi perkemahan di Desa Medowo, Kandangan – Kediri pada Jumat (23/2) malam, Sekretaris DPW PAN Jatim Dr. A Basuki Babussalam menyampaikan beberapa pesan moral agar para pemuda bisa mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa dalam memajukan bangsa.

“Para pendiri bangsa kita sudah jelas merumuskan visi bangsa ini, nah tugas Anda semua yang ada di sini, yang merupakan insan-insan terpilih untuk senantiasa memperjuangkan hal tersebut,” tandasnya.

Menurut Basuki, para pemuda harus mengenal dengan baik daerah asalnya, baik geografis, jumlah penduduk, potensi ekonomi, budaya, kearfifan lokal dan sebagainya. Dengan mengenal dengan baik daerah asalnya akan dapat memunculkan empati.

Jika pemuda tidak mengenal dengan baik daerahnya maka dipastikan ia tak memiliki kepedulian yang baik terhadap daerahnya sendiri dan lebih-lebih terhadap bangsanya.

“Selain itu, tidak memiliki jati diri yang kuat, sehingga bisa dengan mudah terpengaruh oleh penetrasi budaya asing,” tandasnya.

Setelah mengenal daerahnya, pemuda harus mengenal dengan baik negerinya, dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila yang menjadi ideologi bangsa dan negara.

“Dan yang paling penting, pemuda harus memiliki ilmu pengetahuan yang baik. Harus berusaha menuntut ilmu setingi-tingginya, karena ilmu pengetahuan yang tinggi dapat mengelola berbagai sektor kehidupan dan membuat pemuda bisa menjadi tuan di negerinya sendiri,” papar Basuki.

Prinsipnya, lanjut Basuki,seorang  pemuda harus rajin belajar dan berani bekerja keras untuk meraih cita-cita dan masa depan.

“Yang tidak kalah penting dan juga menjadi bagian jalan kesuksesan seorang pemuda adalah banyaknya teman atau jaringan. Dengan banyak teman atau jaringan maka akan membuat seorang oemuda bisa dengan mudah melakukan sesuatu dan mewujudkan capaian-capaian,” pungkas angota DPRD I Propinsi Jawa Timur ini.//CW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *