Wisata Gua Selomangleng Kediri Yang Wajib Di kunjungi

Gua Selomangleng merupakan salah satu gua tinggalan sejarah nenek moyang Kediri yang harus di rawat dan di jaga biar anak cucu biar tahu akan asal usul gua selomangleng tersebut karena kita bisa sampai saat ini juga berkat nenek moyang terdahulu. Gua selomangleng Kediri terletak di lereng bukit di Desa Waung Kecamatan Mojoroto kota Kediri yang jalanya untuk mengakses sudah sangat mulus jua bisa diakses dengan kendaraan angkutan kota.

Nama gua selomangleng ini bila diartikan dengan bahasa jawa yang berarti (selo : batu, mangleng : miring) dan susunan gua ini berasal dari batu andesit hitam yang ukurannya cukup besar tidak hanya itu di dekat gua selomangleng ini juga banyak sekali wahana wisata seperti kolam renang, museum Airlangga dan tempatnya tak begitu jauh dengan gua selomangleng.

Terutama di hari – hari libur banyak sekali pengunjung ada yang dari sekolahan, turis, anak – anak remaja juga sering dijadikan libur keluarga sedangkan untuk parkir sangat luas dan untuk tiket masuk untuk dewasa Rp 4.000 sedangkan untuk anak – anak Rp 2.500 sangat terjangkau bukan. Tak sedikit para pengunjung ini kerap mengabadikan di yang tentunya dengan selfie dengan berbagai gaya dan di unggah di jejaring sosial. Pendagang di sekitar gua selomangleng sangat ramah dan harga untuk makanan dan minuman sangat standar. Sangat tepat bila gua selomangleng di jadikan tujuan wisata selain bisa bersantai karena tempat yang sejuk banyak pepohonan dan pemandangan yang masih alami juga bisa untuk bermain.

Isi gua selomangleng bila di tilik lebih dekat maka nampak gelap gulita dan sangat berbau dupa sehingga sangat rentan dengan aura mistis yang menjadikan pengunjung untuk berfikir dua kali bila ingin masuk. Di dalam gua terdapat tiga ruangan yang satu ruang utama dan di ruang utama terdapat 2 pintu yang yang terletak di samping kiri dan kanan. Di dalam gua selomangleng banyak di temukan relief – relief di diding gua dan di dasar lantai juga banyak dijumpai bunga – bunga yang di gunakan untuk sesajen namun perlu di ingat bila ingin bisa melihat dengan jelas maka gunakanlah dengan mengunakan senter atau alat sejenisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *