Mulai Februari Pemerintah Kabupaten Kediri laksanakan imunisasi ulang difteri

Penyakit difteri yang sudah banyak dilakukan pencegahan oleh pemerintah dengan menggalakkan imunisasi massal, ternyata masih bertebaran dan masih merenggut banyak korban. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diptheriae ini masih menjadi momok yang menakutkan sampai saat ini. Maka dari itu, saat ini pemerintah Kabupaten Kediri sedang menggalakkan kembali imunisasi difteri ini untuk lebih membatasi ruang gerak penyebaran penyakit mematikan ini.

Mulai bulan Februari ini, pemerintah Kabupaten Kediri melaksanakan imunisasi ulang difteri di Kecamatan Pare. Sasaran dari pemberian imunisasi ulang ini adalah seluruh anak-anak dengan rentang usia dari 1 tahun sampai dengan usia 19 tahun. Pelajar dari tingkat TK (Taman Kanak-kanak) sampai dengan tingkat pelaja SMA dan SMK se Kecamatan Pare akan mendapatkan imunisasi ulang difteri di sekolah masing-masing. Untuk anak usia non sekolah atau dibawah 5 tahun, akan diberikan imunisasi ulang difteri ini di posyandu-posyandu dan di Puskesmas setempat. Pemberian imunisasi ulang ini gratis tanpa dipungut biaya, bahkan Dinas Kesehatan telah menyediakan obat penurun panas jika anak-anak nanti setelah diimunisasi mengalami demam.

Seorang siswa SD menerima suntikan imunisasi

Untuk minggu ini sasaran imunisasi ditujukan kepada siswa dan siswi tingkat SD. Ada 3 SD yang dijadwalkan siswa siswinya akan mendapatkan imunisasi difteri ulang. Untuk tanggal 1 Februari 2018 dijadwalkan akan dilakukan imunisasi ulang difteri di SDN Pare 1. Sebanyak 558 siswa dan siswi disana akan mendapatkan imunisasi ulang ini. 7 petugas dikerahkan untuk melaksanakan imunisasi ulang Di SDN Pare 1. Untuk tanggal 2 Februari 2018 dijadwalkan akan diadakan di SDN Pare 2 dengan total siswa dan siswi sebanyak 517 orang. Dan pada tanggal 3 Februari 2018 dijadwalkan 468 siswa dan siswi SDN Pare 3, akan mendapatkan imunisasi ini.

Diharapkan dengan adanya imunisasi ulang difteri ini. Putra dan putri kita terbebas dari momok penyakit mematikan ini. Dan diharapkan penyakit ini tidak merenggut nyawa lagi. Karena Pemerintah Kabupaten Kediri sudah melakukan pencegahan penyebaran penyakit difteri secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *